CSP Serahkan Ribuan Paket Respon Covid-19 kepada Petani Kakao di Pinrang dan Luwu

CSP Serahkan Ribuan Paket Respon Covid-19 kepada Petani Kakao di Pinrang dan Luwu

Belopa, 05 Agustus 2020—Semenjak awal tahun ini, pandemi Covid-19 telah menyerang seluruh penjuru dunia. Indonesia pun juga merasakan pengaruh langsungnya. Dari data resmi yang dikeluarkan pemerintah, sekitar 116.871 orang terkonfirmasi terserang penyakit ini, dan 73.889 dinyatakan telah sembuh. Di Provinsi Sulawesi Selatan sendiri, sekitar 9.858 orang telah dinyatakan terkonfirmasi positif, dan 6.662 orang telah dinyatakan sembuh.


Selain dampak kesehatan yang ditimbulkan penyakit yang disebabkan oleh virus jenis baru dari coronavirus, kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan, pandemi Covid-19 juga memengaruhi perekonomian dunia. Kebijakan pembatasan skala besar-besar di sebagian wilayah, memberikan dampak buruk perkembangan perekonomian secara global. Dan petani yang merupakan ujung tombak pembangunan perekonomian juga sangat merasakan pengaruh pandemi penyakit ini.



 

Menyikapi hal tersebut, Cocoa Sustainability Partnership bersama anggotanya bahu-membahu dalam menyediakan dukungan bagi petani kakao di wilayah pengembangan komoditas kakao. Dukungan tersebut diharapkan menjadi semangat bagi petani kakao untuk tetap berproduksi dan merawat tanaman kakao mereka. Dengan menghimpun dukungan dari anggotanya, CSP pun menyalurkan ribuan paket sabun cuci tangan, masker, pakaian, dan produk makanan ringan di dua kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan.

 



Dengan tetap mengikuti prosedur kesehatan, paket bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada petani kakao. Didampingi langsung oleh Bupati Kabupaten Luwu, H. Basmin Mattayang beserta jajarannya, CSP menyerahkan langsung paket bantuan respons Covid-19 tersebut kepada beberapa perwakilan kelompok petani kakao di wilayah tersebut. “Paket bantuan ini adalah bukti sinergi antara pihak pemerintah dengan swasta dalam memberikan dukungan kepada petani kakao di wilayah terdampak. Bantuan tersebut akan langsung didistribusikan ke petani kakao yang didampingi selama ini,” kata Bupati Kabupaten Luwu dalam sambutannya, Rabu, 05 Agustus 2020, di Aula Bappeda, Kabupaten Luwu.



 



Paket bantuan berupa 1.050 lembar baju kaos, 2.500 lembar masker kain, dan 50 karton biskuit, akan didistribusikan ke petani kakao yang selama ini didampingi oleh Program Cocoa Life Mondelēz International di Kabupaten Luwu. Selain itu, dukungan Asosiasi Kakao Indonesia, Mars, PT. Pupuk Kalimantan Timur, dan Cargill, berupa 700 sabun cuci tangan cair, 700 sabun batangan juga ikut dibagikan dalam acara serah terima tersebut. “Bantuan respons Covid-19 ini dihimpun oleh CSP melalui anggota-anggotanya untuk didistribusikan langsung ke petani kakao di dua kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. Dan ini adalah bentuk dukungan dari para pemangku kepentingan sektor kakao berkelanjutan di Indonesia bagi petani kakao yang terdampak pandemi Covid-19 selama ini. Selain itu, CSP juga memberikan bentuk kontribusi lainnya berupa penyediaan Pupuk NPK Formula Khusus untuk Kakao Bersubsidi yang telah didistribusikan tahun ini,” ujar Wahyu Wibowo, Direktur Eksekutif CSP.