Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman tentang Pendekatan Lanskap

Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman tentang Pendekatan Lanskap

Jakarta, 13 September 2021—Cocoa Sustainability Partnership (CSP) adalah organisasi dengan keanggotaan yang terdiri dari pemegang kepentingan publik/swasta yang bekerjasama menuju kakao Indonesia yang berkelanjutan. Dengan adanya konsep yurisdiksi, atau lanskap, Sekretariat CSP sedang bekerja untuk memicu berbagai kerjasama yang bersifat multi-sektoral di wilayah tertentu.  Selain daripada itu, Sekretariat CSP ingin mendalami topik lanskap untuk memperluas ilmu pribadi dan mengetahui pengalaman yang dimiliki oleh organisasi/perusahaan baik dari sektor kakao maupun dari sektor lain dengan pola kegiatan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, Sekretariat CSP mengundang beberapa narasumber untuk menyampaikan materi berdasarkan pengalaman masing-masing mengenai inisiatif lanskap yang pernah atau sedang diimplementasikan. Kegiatan tersebut diadakan dengan memadukan metode daring dan luring. Dan selama penyelenggaraannya disesuaikan dengan protokal keselamatan saat pandemik yang berlaku, dan akan bersifat informal/interaktif untuk memaksimalkan pembahasan antara peserta dengan para narasumber.

Lokakarya internal ini dilaksanakan dengan tujuan agar staf CSP mampu memahami konsep dan tujuan dari pendekatan lanskap, mengetahui beberapa program lanskap yang sedang dijalankan/direncanakan, mampu mengidentifikasikan peluang kolaborasi di dalam satu wilayah, lebih memahami tantangan dan kesuksesan di dalam program landskap, mampu merancang kerangka inisiatif lanskap, dan Sekretariat CSP mampu memfasilitasi kegiatan terkait dengan lanskap di sektor kakao di Indonesia sesuai dengan program anggota CSP dan donor. Kegiatan ini diselenggarakan pada 13 September 2021, dan difasilitasi secara aktif oleh Jeremy Hicks sebagai konsultan CSP.